Organisasi
apapun yg ada skarang ini tidak akan lepas dari yang namanya event,
untuk mengaplikasikan programnya...jadi untuk hasil maksimal ada baiknya
kita juga belajar sebuah management event.
1. Tahap persiapan
Hal
yang paling penting sebelumnya adalah anda harus mempersiapkan semuanya
jauh-jauh hari. 4-5 atau 2-3 bulan sebelum hari H baik.
Hal
pertama yang perlu anda lakukan adalah membentuk panitia inti. Panitia
inti terdiri dari koordinator utama, sekretaris dan bendahara. Tentunya
anda akan membutuhkan pembimbing di situ.
Selanjutnya,
buatlah konsep proposal. Proposal ini nantinya dapat digunakan
sebagai bagaian awal proposal sponsor. Jadi tidak perlu kerja 2 kali
dalam bagian yang sama.
Proposal tersebut berisi :
1. Latar belakang
2. Nama acara
3. Tema (sementara, bisa diganti setelahnya)
4. waktu acara
5. Tujuan
6. Manfaat
7. Sasaran
8. Kepanitaan inti dan seksi yang dibutuhkan
9. Konsep acara (draft kasar)
10. Anggaran kasar
11. Penutup
Setelah
konsep acara selesai, baru bentuklah semua seksi yang lain. Yang
dibutuhkan adalah seksi publikasi, seksi humas, seksi Kesehatan, seksi
dekorasi, seksi Mrketing), seksi keamanan, seksi perlengkapan, seksi
konsumsi, seksi dokumentasi, Helper, dll.
Hal yang perlu diperhatikan :
1.
Hal pertama yang dilakukan masing-masing seksi adalah membuat draft
pengeluaran masing-masing seksi sebagai proses pembuatan anggaran final (
budgeting ) pada proposal
2. Buatlah proposal sponsor secepatnya
3. Berkoordinasilah setiap minggu minimal 2 kali
4. Koordinasi terakhir adalah hari H-1, segala sesuatu harus dibereskan hari itu juga
5. Jangan sampai ada hal sekecil apapun yang belum terpikirkan
6.
Bekerjalah tanpa terlalu memandang batas seksi, ketika anda punya waktu
luang, salinglah menawarkan bantuan kepada seksi lain.
7.
Materi desain dalam publikasi bisa dibuat oleh siapa saja, tidak
terbatas oleh seksi dekorasi, ataupun seksi publikasi tapi ko sudah ada
design grafisnya itu ebih bagus. Mungkin pembentukan tim kreatif juga
hal yang baik sebagai solusi. Tempatkan orang-orang yang mengerti
komunikasi secara audio maupun visual yang baik.
8
Tahap pelaksanan
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Yakinkan diri anda masing-masing acara akan berjalan lancar dan sukses seperti yang diharapkan.
- Lihat kembali apa yang kurang melalui koordinasi akhir hari H-1 dan hari H dalam semua job decription seksi
- Bagilah tugas kembali terutama pada seksi yang sudah tidak bekerja pada hari H misalnya seksi publikasi, Marketing, dll. Pecahlah seksi tersebut pada keamanan, Kesehatan, dll.
- Usahakan setiap orang membawa alat komunikasi, terutama koordinator. (usahakan HandyTalkie). Ko pake hape..rodo boros..
- Awasi potensi-potensi rusuh, mintalah bantuan polisi untuk hal ini,ko ga bodyguard kita harus siap
- Jangan sampai acara melebihi izin acara yang telah dikeluarkan
- Jaga kondisi,
- Beri petunjuk tempat WC Umum
- Perhatikan terhadap faktor-faktor X yang lain.
Tahap pasca pelaksanaan
Tahap ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah keorganisasian.
Tujuan
dari evaluasi adalah melihat kembali apa yang sudah dialami, dilalui,
ditempuh secara bersama-sama dengan tujuan mencari kekurangan, kelebihan
yang ada sehingga menjadi pelajaran yang berharga untuk kedepannya.
Evaluasi ada 2 macam, yaitu:
1. Evaluasi diri/Refleksi pribadi
2. Evaluasi besar/bersama/kelompok/tim\
Berikanlah “applause” untuk semua orang dalam kepanitaan sebagai
ungkapan kegembiraan atas segala hal yang anda dan teman-teman peroleh.
Laporan Pertanggungjawaban
Jangan
anggap remeh LPJ ini, kalau anda tidak percaya cobalah anda membuat
sebuah event, anda kemudian tidak membuat LPJ, pada event selanjutnya
mintalah sponsorship pada perusahaan/company/yayasan yang sama. Mereka
tidak akan percaya dengan kepanitiaan anda
Bagaimana membuat LPJ?
1. Kumpulkan seluruh kepanitiaan per seksi
2.
Dalam setiap seksi, mintalah mereka untuk merinci sedetail mungkin
keuangan yang telah digunakan dalam seksi itu, dan mintalah mereka
membuat deskripsi/point-point tentang apa saja yang telah mereka lakukan
selama dalam seksi. Lampirkan bon/nota/kwitansi sebagai bukti.
3. Kumpulkan seluruh laporan setiap seksi.
4. Berkumpulah panitia inti dengan seluruh koordinator masing-masing seksi
5. Buatlah rekap dalam bentuk LPJ
LPJ akhir berisi:
Deskripsi garis besar hasil acara
Deskripsi kerja masing-masing seksi
Pengeluaran dan pendapatan keseluruhan
Bukti pengeluaran
Foto-foto kontraprestasi
Ucapan terima kasih
6. Anda bisa membuat LPJ yang berbeda pada setiap sponsorship
Misalnya:
Dengan menambahkan bagian pengeluaran khusus dari uang/barang yang telah diberikan sponsor tertentu.
7. Jilidlah laporan itu sehingga layak untuk diberikan oleh pihak sponsor
8. Anda bisa memvariasi sendiri segalanya.
Secara garis besar, seperti itulah cara merancang sebuah Event
Tidak ada komentar:
Posting Komentar